Soal Jawab Pengantar Bisnis



1.  Sistem manajemen dalam suatu perusahaan pada umumnya dipengaruhi oleh karakteristik manajer dan  kondisi perusahaan  yang dipimpinnya. Sistem manajemen dapat diklasifikasikan menjadi beberapa jenis, sebutkan dan jelaskan !
Jawab : 
  1. Paternalistic Management. Bawahan selalu mengikuti apapun yang disampaikan oleh pimpinan.      Pimpinan di mata bawahan adalah orang yang paling baik , paling pintar, paling hebat.
  2. Closed Management. Manajer tidak memberitahukan kondisi terakhir perusahaan kepada bawahan, pengambilan keputusan tanpa melihat karyawan.
  3. Open Management. Manajer hanya memberitahukan keadaan perusahaan kepada karyawan, pengambilan keputusan dilakukan oleh manajer dengan melibatkan partisipasi karyawan dengan memberikan berbagai alternative dan saran.
  4. Democratic Management. Sistem ini mirip dengan manajemen terbuka tetapi keputusan umumnya diambil secara bersama dari setiap anggota berdasarkan suara terbanyak.
2.     Sebutkan dan jelaskan fungsi-fungsi manajemen yang diungkapkan oleh Harold Koontz dan Cyril O’Donnel !
Jawab :
  1.  Planning ( Perencanaan) merupakan fungsi persiapan untuk masa yang akan datang. Pada umumnya fungsi perencanaan ini mencakup penetapan tujuan yang ingin dicapai, merumuskan berbagai kebijakan guna  memperlancar aktivitas pencapaian tujuan tersebut, serta perencanaan pengawasan yang perlu dilakukan.
  2.  Organizing (Pengorganisasian) merupakan suatu fungsi untuk mengaplikasikan perencanaan menjadi aktivitas nyata. Pada  fungsi ini akan disusun struktur organisasi yang tepat, pengaturan tugas-tugas , wewenang, dan tanggung jawab setiap anggota organisasi.
  3.  Staffing (Penempatan) merupakan fungsi untuk memilih dan mengisi masing-masing staf sesuai dengan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia yang dibutuhkan. Untuk mendapatkan staf yang tepat, suatu organisasi harus menyusun terlebih dahulu spesifikasi jabatan, yaitu standard minimum yang harus dimiliki oleh seseorang untuk menempati  posisi dan bekerja dengan baik sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya.
  4.  Directing ( Pengarahan) merupakan fungsi untuk mengusahakan agar semua anggota organisasi berupaya maksimum untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
  5. Controlling (Pengendalian) merupakan fungsi yang menjamin tindakan nyata dijalankan sesuai dengan rencana untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
3.      Sebutkan dan jelaskan konsep manajemen pemasaran!
Jawab :
  1. Konsep produksi. Pada umumnya konsumen akan memilih produk yang mudah didapat dan murah harganya. Manajer yang berwawasan konsep ini akan memusatkan perhatian untuk mencapai efisiensi produksi dan cakupan distribusi yang luas. Jika biaya produksi dan distribusi rendah maka harga jual produk akan rendah juga.
  2. Konsep Produk. Konsumen akan memilih produk yang menawarkan kualitas atau kinerja terbaik dan inovatif. Harga produk yang relatif tinggi dianggap sebagai konsekwensi akibat kualitas yang baik.  Manajer pemasaran yang berhuluan konsep produk akan memusatkan perhatian untuk menghasilkan produk yang berkualitas baik dan terus menyempurnakannya.
  3. Konsep Penjualan. Konsep ini berpandangan jika konsumen dibiarkan saja,  mereka tidak akan membeli produk perusahaan , atau jika membelipun dalam jumlah yang sedikit. Manajer pemasaran yang berhaluan kepada konsep ini akan berupaya melakukan promosi yang agresif.
  4. Konsep Pemasaran. Kunci untuk mencapai tujuan perusahaan adalah dengan menentukan kebutuhan dan keinginan pasar serta memberikan keputusan yang diinginkan secara lebih efektif dari pada pesaing.
  5. Konsep Pemasaran yang Berwawasan Sosial. Tujuan perusahaan adalah menentukan kebutuhan, keinginan, serta kepentingan pasar sasaran dan memenuhinya lebih baik dari pada penawaran pesaing, dengan cara mempertahankan atau meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat.
4.      Tata letak atau sering disebut lay out merupakan pengaturan tempat atau posisi fasilitas termasuk perlengkapan, peralatan dan mesin di suatu tempat usaha. Ada beberapa jenis lay out yang dapat dipilih oleh seorang pelaku bisnis Sebutkan dan jelaskan!
Jawab :
  1.  Lay out Bagian. Lay out dari perlengkapan atau peralatan kantor berdasarkan bagian-bagian  yang ada di perusahaan. Dengan demikian kita dapat menemukan lay out ruang kerja, lay out ruang tamu, lay out kantin, dan lain-lain
  2. Lay out Proses Produksi. Disesuaikan dengan tahap-tahap dalam sebuah proses produksi mulai dari bahan baku sampai dengan  produk jadi, dan penyimpanannya. Lay out disusun sedemikian rupa untuk memudahkan  berjalannya proses produksi sehingga menjadi lebih efisien dalam penggunaan bahan maupun alokasi waktu.
  3. Lay out Finish Goods. Lay out di tata berdasarkan pengelompokkan  produk tertentu. Perlengkapan, peralatan dan mesin ditempatkan di lokasi yangs sama untuk memudahkan  pengerjaan suatu produk  sampai dengan produk tersebut selesai dikerjakan.
5.      Sebutkan dan jelaskan fungsi manajemen sumber daya manusia!
Jawab :
a.                Fungsi Manajerial
a)   Perencanaan. Fungsi ini berhubungan  dengan memilih tujuan, kebijakan, prosedur, dan program dari berbagai alternatif yang ada menyangkut sumber daya manusia
b)    Pengorganisasian. Tindakan mengusahakan hubungan yang efektif  antarorang, sehingga  dapat bekerjasama secara efisien, dan memperoleh kepuasan pribadi dalam melaksanakan tugas tertentu, pada kondisi tertentu untuk mencapai tujuan tertentu.
c)     Pengisian Jabatan
Kegiatan untuk memperoleh pegawai yang efektif yang akan mengisi jabatan yang kosong pada perusahaan.
d)   Pengarahan. Upaya membuat semua anggota kelompok agar mau bekerja sama secara  ikhlas serta bergairah untuk mencapai tujuan .
e)  Pengendalian. Pengukuran dan perbaikan terhadap pelaksanaan  kerja bawahan agar rencana yang telah dibuat untuk mencapai tujuan dapat dilaksanakan
b.                    Fungsi Operasional
a)   Pengadaan tenaga kerja. Fungsi yang berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan akan karyawan baik jumlah maupun kualitasnya sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan perusahaan.
b)     Pengembangan tenaga kerja. Program pengembangan dapat dilakukan dengan dua metode yaitu pelatihan dan pendidikan.
c)  Pemberian kompensasi. Kompensasi merupakan balas jasa yang diberikan oleh pihak perusahaan kepada karyawan sehubungan dengan jasa mereka dalam proses pencapaian tujuan perusahaan. Kompensasi ini ada yang bersifat langsung berupa gaji atau upah, dan insentif. Ada juga yang merupakan balas jasa tidak langsung misalnya berupa tunjangan dan pelayanan.
d)   Program integrasi tenaga kerja. Integrasi tenaga kerja dapat dilakukan dengan beberapa program, terutama yang menyangkut kebutuhan karyawan, motivasi, disiplin, dan partisipasi karyawan.
e)   Pemeliharaan tenaga kerja. Pemeliharaan tenaga kerja di tujuan agar karyawan merasa bahwa dirinya merupakan bagian dari perusahaan dan dibutuhkan oleh perusahaan, sehingga akan bekerja dengan lebih baik.
f)       Pemutusan hubungan kerja. Program perusahaan dalam memberhentikan karyawan.
6.      Jelaskan pengertian kinerja karyawan!
Jawab :
Kinerja karyawan adalah hasil kerja baik secara kualitas maupun kuantitas yang dicapai oleh seorang karyawan dalam melaksanakan tugas sehari-hari sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan pimpinan kepadanya.
7.      Jelaskan pengertian Capital Budgetting!
Jawab :
Capital budgeting  merupakan suatu proses perencanaaan dan pengambilan keputusan  mengenai pengeluaran dana di mana jangka waktu kembalinya dana tersebut dalam jangka panjang.

8.      Jelaskan pengertian studi kelayakan usaha!
Jawab :
Penelitian dan analisis terhadap suatu rencana usaha yang menyangkut berbagai aspek, termasuk aspek pemasaran, operasi, SDM, yuridis, lingkungan dan keuangan, sehingga diketahui rencana usaha tersebut layak atau tidak layak bila dilaksanakan.
9.      Sebutkan dan jelaskan manfaat studi kelayakan usaha bagi pengusaha!
Jawab :
  1. Menambah keyakinan. Pada dasarnya studi kelayakan usaha merupakan hasil penelitian dan analisis secara objektif tentang suatu gagasan usaha. Jika hasil penelitian tersebut menyimpulkan bahwa usaha yang direncanakan benar-benar layak, maka pengusaha akan merasa yakin dan percaya diri saat gagasan usaha tersebut dijalankan.
  2. Menjadi pedoman pelaksanaan. Isi sebuah studi kelayakan usaha pada hakekatnya merupakan rencana yang akan dilaksanakan  saat gagasan usaha tersebut benar-benar dijalankan. Dengan demikian  studi kelayakan  usaha dapat dijadikan sebagai pedoman yang membimbing pengusaha untuk melaksanakan berbagai rencana yang terdapat pada studi kelayakan.
  3. Menjadi pedoman pengendalian. Isi sebuah studi kelayakan usaha juga memuat berbagai patokan yang dapat dijadikan sebagai tolok ukur kegiatan usaha. Jika hasil kegiatan usaha secara nyata berbedan dengan hasil penelitian yang merupakan rencana usaha sebelum usaha tersebut dijalankan maka telah terjadi penyimpangan  dari rencana tersebut. Hal ini dapat dijadikan dasar untuk melakukan pengendalian dan tindakan koreksi. Pada bagian mana telah terjadi penyimpangan tersebut sehingga secepatnya dilakukan perbaikan.
10.   Jelaskan pengertian waralaba!
Jawab :
Pengertian waralaba berdasarkan  Peraturan Pemerintah No. 42 tahun 2007 tentang waralaba adalah :
Hak khusus yang dimiliki oleh orang perseorangan atau badan usaha terhadap sistem bisnis dengan ciri khas usaha dalam rangka memasarkan barang dan/atau jasa yang telah terbukti berhasil dan dapat dimanfaatkan dan/atau digunakan oleh pihak lain berdasarkan perjanjian waralaba






           






0 Response to "Soal Jawab Pengantar Bisnis"

Posting Komentar